BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Membuka usaha baru tidak mungkin
tanpa ada rencana sebelumnya. Rencana harus ada betapapun sederhananya secara
tertulis. Namun, wirausaha baru di negara kita banyak yang tidak mau ataupun
mungkin tidak mampu atau segan menulis rencana tertulis tersebut karena
berbagai alasan. Perencanaan yang tidak tertulis pasti sudah ada rekayasa dalam
pikiran, yaitu suatu rekayasa secara sederhana tentang jawaban dari berbagai
pertanyaan antara lain, usaha apa yang akan dibuka, mengapa memilih usaha
tersebut, dimana lokasinya, siapa konsumennya, darimana sumber modalnya, dan
sebagainya.
Suatu rencana kerja yang dibuat
tertulis dan resmi guna menjalankan perusahaan (business plan) merupakan perangkat tepat untuk memagang kendali
perusahaan dan menjaga agar fokus usaha perusahaan tidak menyimpang.
Business plan
perlu disusun karena merupakan legitimasi dari sebuah usaha yang akan
didirikan. Orang perlu mengetahui segala sesuatu tentang perusahaaan anda
sehingga tertarik untuk bekerja sama.
B. Rumusan
Masalah
1. Seberapa
penting perencanaan usaha
2. Definisi
perencanaan
3. Unsur-unsur
kerangka usaha
C. Tujuan
Tujuan dalam pembuatan makalah ini
adalah untuk memberikan informasi terkait materi perencanaan bisnis untuk dapat
digunakan sebagai informasi yang digunakan untuk mahasiswa atau umum.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pentingnya
Perencanaan Usaha (Business Plan)
Ada beberapa alasan penting mengapa orang harus
menyusun Business Plan :
1. To sell yourself on the
business
2. To obtain bank
financing
3. To obtain investment funds
4. To arrange strategic
alliances
5. To obtain large
contracts
6. To attracts key
employes
7. To complete mergers and
acquisitions
8. To motivate and focus
your management team
(Bygrave,
1994:115)
Jadi tujuan menyusun Business Plan adalah:
-
menyatakan bahwa anda sebagai
pemilik dan pemegang inisiatif membuka usaha baru
-
mengatur dan membentuk
kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah aa dan saling
menguntungkan misaalnya dari para produsen yang dapat diharapkan memasok barang
buat perusahaan anda ataupun perusahaan-perusahaan yang lebih besar memberi
pekerjaan atau kontrak yang dapat dikerjakan oleh perusahaan anda.
-
Business plan juga juga
dapat mengundang orang-orang tertentu yang potensial atau mempunyai keahlian
untuk bergabung bekerjasama dengan anda
-
Business plan juga
berguna untuk melakukan merger dan akuisi misalnya anda menjual perusahaan
besar maka perusahaan besar tersebut harus membaca business plan anda atau
mungkin juga anda ingin membeli perusahaan lain maka business plan yang anda
dapat susun dapat memberi keyakinan kepada perusahaan lain yang mau diakuisisi.
-
Business plan bertujuan
untuk menjamin adanya fokus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam
perusahaan.
2. Pengertian Business
Plan
Agar perusahaan berjalan pada jalan
yang benar maka seorang wirausaha harus menyusun Business Plan. Business Plan
adalah:
Business Plan merupakan suatu dokumen yang
menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau
jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang
dana.
Definisi yang lebih baik menyatakan bahwa Business
Plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan
sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
Businesess plan yang disediakan oleh entrepreneur sesuai
pula dengan penasihat yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang
dan kecenderungan masa depan dari sebuah perusahaan.
Business Plan dibuat dalam bentuk jangka pendek
ataupun jangka panjang yang pertama kali diikuti untuk 3 tahun berjalan.
Businness Plan merupakan perjalanan atau road map yang akan diikuti oleh
wirausaha. Business Plan seakan akan menjawab pertanyaan : where am I now? Where am I going? How will i get there?
3.
Kerangka
Rencana Usaha
Pokok-pokok
pikiran perencanaan usaha mencakup:
1) Nama
perusahaan
Nama yang
diberikan sebaiknya jangan hanya mementingkan factor yangs edang hangat pada
saat ini melainkan lebih berorientasi ke masa depan. Canon dan Wichert
menyatakan ciri-ciri merek yang baik adalah:
1. Short-pendek
2. Simple-sederhana
3. Easy
to spell-mudah dieja
4. Easy
to remember-mudah diingat
5. Pleasing
when read-enak dibaca
6. No
disagreeble sound-tak ada nada sumbang
7. Does
not go out of date-tak ketinggalan zaman
8. Ada
hubungan dengan barang dagangan
9. Bila
diekspor gampang dibaca oleh orang luar negeri
10. Tidak
menyinggung perasaan kelompok/orang lain atau tidak negative
11. Membayangkan
apa produk itu atau memberi sugesti penggunaan produk tersebut.
2) Lokasi
Lokasi
perusahaan
Ada dua hal
penting menyangkut lokasi yang akan dipilih, yaitu:
1. Lokasi
perkantoran, disebut tempat kedudukan berarti tempat (kantor) badan usaha,
biasanya mengelola perusahaan yang berada ditempat lain.
2. Lokasi
perusahaan, disebut tempat kediaman berarti tempat perusahaan beroperasi.
Lokasi pertokoan
Umumnya lokasi pertokoan
harus diingat bahwa konsumen untuk belanja ke toko atau ke lokasi yang
mempunyai banyak jenis dan persediaan barang dagangan dan memiliki reputasi
sebagai lokasi yang memilikibarang bermutu dan barang bersaing.
Lokasi
pabrik/industri
Ada dua hal utama
yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi pabrik/industri yang baik, yakni:
1. Backward
linkage, berarti pertalian belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources)
yang akan digunakan. Ini termasuk bahan baku, tenaga kerja, suasana dan kondisi
masyarakat setempat.
2. Forward
linkage, berarti pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi.
Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.
3) Komoditi
yang akan diusahakan
Kesempatan
memilih komoditi yang diusahakan dapat mempertimbangkan hal-hal sebagai
berikut:
a. Membanjirnya
permintaan masyarakat terhadap jenis-jenis hasil usaha tertentu, baik berupa
barang-barang ataupun jasa.
b. Teridentifikasinya
kebutuhan tersembunyi masyarakat akan barang-barang atau jasa tertentu.
c. Kurangnya
saingan dalam bidang usaha yang ingin kita kerjakan.
d. Adanya
kemampuan yang meyakinkan untuk bersaing usaha dengan orang lain dalam
mengembangkan suatu bidang usaha yang sama.
e. (Drs.
Wasty Soemanto, 1992:224)
4) Konsumen
yang dituju
Prospek konsumen
didasarkan atas bentuk usaha dan jenis usahanya. Jika jenis usaha berbentuk
industry tentu jangkauan konsumen yang akan dituju lebih jauh dibandingkan
dengan usaha bentuk pertokoan.
5) Pasar
yang akan dimasuki
Sebuah
perusahaan yang akan memasuki pasar akan menempatkan perusahaannya sebagai
pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market challenger), pengikut
pasar (market follower), atau perelung pasar (market nicher).
6) Partneryang
akan diajak kerjasama
Partnership
merupakan suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk
menjalankan suatu usaha mencari keuntungan. Ada dua macam partnership yakni:
a. General
partnership, dimana semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis
sama-sama bertanggungjawab, termasuk tanggung jawab yangb tidak terbatas terhadap
utang-utang bisnis.
b. Limited
partnership, dimana memiliki anggota sekurang-kurangnya satu orang yang
bertanggungjawab tidak terbatas dan anggota lainnya bertanggung jawab terbatas.
Dan masih banyak bentuk partnership lainnya seperti
secret partner, silent partner, nominal partner, general partner, senior
partner, yunior partner, dan lain-lain.
7) Personil
yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan
Memilih personil
yang dipercaya menyangkut masalah karakter, kejujuran, dan kemampuan seseorang.
8) Jumlah
modal yang diharapkan dan yang tersedia
Jika modal
sangat kecil dapat dilakukan kerjasama dengan partner, yang masing-masing
menyetorkan modalnya. Semua sumber dan
kemampuan pengumpulan modal ini harus ditulis. Modal juga bisa didapat dari
tabungan, menjual harta, atau pinjaman dari orangtua dan family maupun pinjaman
dari bank atau lembaga keuangan lainnya.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Business Plan perlu disusun karena
merupakan legitimasi dari sebuah usaha yang didirikan. Business Plan yang
dibuat bertindak sebagai perangkat pemegang kendali perusahaan dan menjaga agar
fokus usaha perusahaan tidak menyimpang.
B. Saran
Bagi pihak yang berencana memulai
sebuah usaha sebaiknya mempersiapkan rancangan perencanaan usaha baik tertulis
maupun tidak tertulis.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan.
Bandung : Penerbit Alfabet
3 comments:
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009
artikelnya bagus kak, Ilmu Teknik Industri Kunjungi Kami
http://indonugraha.blogspot.co.id/
sebuah bisnis bisa dari masalah, dan dari masalah itulah dibentuk sebuah untuk menemukan sebuah konsep dan bisa memecahkan solusinya. nice article
Post a Comment